Sharing is caring

Pernahkah kamu berfikir berbagi itu menyenangkan? Berbagi gak selau tentang benda, banyak hal yang bisa kita bagi untuk orang lain, seperti berbagi senyuman, berbagi kisah, berbagi waktu, berbagi pengetahuan, berbagi pengalaman, berbagi keahlian, berbagi apa aja yang kamu bisa bagikan. And of course, berbagi gak bakalan bikin kamu rugi atau bahkan miskin, aneh kalo ada orang yang berfikir begitu. Bagiku, berbagi apa yang aku punya adalah bentuk kepedulian, dan juga bentuk ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang sudah aku miliki saat ini. Gak semua orang memilki kehidupan dan kesempatan yang sama seperti yang kita miliki, mungkin banyak orang diluaran sana yang ingin menjadi kita,saat kita sendiri berfikir bahwa hidup kita biasa-biasa aja. Caranya menikmati pemberian Yang Maha Kuasa adalah dengan membaginya.

I will share my story, I hope it will inspire you who read this. Sejak tahun 2012 aku bergabung di NGO ( Non Government Organization ) yang bergerak dibidang konservasi dan pemberdayan masyarkat di kota ku, suatu hari, aku bergabung dalam program Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, dimana sasarannya adalah sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerja NGO tersebut dengan tujuan memberikan pengetahuan dan membimbing warga sekolah untuk lebih peduli dengan lingkungan dan isu-isu lokal yang muncul di daerah mereka masing-masing. Salah satu yang kau kunjungi bersama tim adalah desa lampeong, desa Muara Mea, dan desa Berong di Kabupaten Barito Timur , Kalimantan tengah. Kurang lebih menempuh perjalanan 10 jam dari Kota Palangkaraya, aku dan tim menginap di sebuah penginapan di desa lampeong, desa yang hanya mengandalkan generator listrik karena listrik belum masuk kedesa itu, dan signal pun naik turun. Agenda tim adalah mengunjungi sekolah-sekolah yang sudah dipilih untuk diberikan pengetahuan tentang pendidikan untuk pembanguna berkelanjutan, dan membantu sekolah menjadi pusat belajar yang menyenangkan bagi siswanya. Senang rasanya berbagi ilmu dan membantu guru-guru di sekolah itu untuk mengembangkan sekolahnya. Melihat wajah-wajah anak kecil yang polos yang menatapku dengan takjub, aku jadi merasa miris, terkadang rasa tidak bersyukur menghinggapik. Bertemu dengan guru-guru dan anak-anak di sekolah itu membuatku lebih memahami bahwa ketika kita mensyukuri dan membagi apa yang kita miliki rasanya hidup sangat menyenangkan.

Hal yang paling berharga untuk dibagi menurutku adalah waktu, kenapa?? Karena, setiap manusia hanya meiliki watu 24 jam masing-masing orang. 24 jam waktu itu dibagi menajdi waktu kerja, waktu tidur, dan kegiatan lainnya. Saat seseorang menyempatkan diri bertemu bahkan menghabiskan waktu bersamamu, artinya kamu adalah orang yang berharga baginya, yang pantas menerima waktu dari 24 jam waktu yang dimilikinya. Berbagi kepercayaan juga sesuatu yang sangat berharga, bayangkan saat kamu diberi kepercayaan oleh orang tuamu untuk membawa kendaraan sendiri, rasanya bangga, benar kan? Tak mudah berbagi kepercayan kepada seseorang, karena konsekuensinya juga tak mudah, saat dipercaya oleh seseorang , yuk dijaga dengan baik……

Berbagi adalah salah satu bentuk kepedulian, hal yang sangat simple yang kamu bisa bagikan untuk orang lain adalah berbagi senyum. Berikan senyuman terbaikmu pada orang-orang yang kamu temui, kamu mungkin tidak tahu kalau senyummu sedikit membuat seseorang yang awalnya bad mood menjadi good mood. Kamu aja deh, ketika bertemu seseorang yang memberikan senyumanya padamamu, mau tak mau kamu juga ikut tersenyum, otak pun mersepons rasa bahagia itu, dan juga senyum banyak manfatnya untuk kesehatan 🙂  .

See, berbagi tidak selalu berkaitan dengan benda atau harta, saat berbagi percayalah kamu akan merasa lebih bahagia, asal jangan berbagi karena terpaksa aja ya……. Saat kita berbagi, maka orang lain pun juga akan berbagi kepada kita, sebuah lingkaran yang menakjubkan bukan? Bayangkan jika di dunia ini semua orang saling berbagi tanpa mengharapkan imbalan, I believe world would be a better place.

Sudahkah kamu berbagi hari ini ?? 🙂

Workshop Gumas 024

-P-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: