Unbiological Family

What is a unbiological family ? pertanyan itu tiba-tiba aja timbul di benaku. Selama ini yang ku tahu, keluarga adalah keturunan dari bapak ibu, dimana ada gen-gen yang diturunkan, lebih simplenya sih sodara sedarah dari bapak ibu yang sama. Suatu hari, saat moment sharing dengan seseorang yang kukenal lama, topic ini muncul. Dia menceritakan arti keluarga baginya, teman-teman yang ada bersamanya saat duka maupun suka, yah walaupun kadang ada masalah internal, tapi tidak membuat mereka memutuskan tali persahabatan. Mensupport teman yang lagi down, memberikan saran ketika mereka mandek dalam sebuah perjalanan, mengeritik saat salah, dan sama-sama berjuang mencapai tujuan hidup masing-masing. Aku rasa, gak cuma aku yang akirnya mikir, aku juga punya orang-orang seperti itu dalam hidupku, so we can called them “ Family ”.

Based on my opinion and experience the truly bestfriend or our unbiological family are :

  1. They will tell the truth about you, meskipun itu mungkin menyakitkan hati, but in the end, they want you better than before.
  2. Supporting all your dreams. apapun yang menjadi impian kita, seorang sahabat atau keluarga akan mendukung semua mimpi-mimpi kita, bahkan mimpi yang menurut orang-orang diluaran sana gak mampu kita capai, they will always believe in us.
  3. Someone who always be there for you, even when you feel down. Coba ingat-ingat siapa yang selalu ada mendukung kita dengan sangat keras ketika kita merasa nothing? Dia yang selalu mendengarkan keluh kesah kita, dia yang selalu bersemangat mendengarkan cerita yang sama yang kita ceritakan, dia yang selalu memberikan waktunya bahkan ketika sibuk hanya untuk menghiburmu ketika dalam keadaan nothing. That’s a truly friend or unbiological family yang harus kalian pertahanin.
  4. Of course yang menerima kekuranganmu dengan tertawa. Dia yang tidak akan meninggalkankanmu ketika tau kekurangamu, tapi malah mentertawakannya, dan merangkulmu. That’s a sign she/he is will be your unbiological family.
  5. Do a silly things together, hahahaha, yup…. I mean dia yang gak ragu menggila bersamamu, tanpa harus jaim
  6. Let you be yourself, dia yang membuatmu menjadi dirimu sendiri, waw that’s so cool for me, some people pretending to be someone untuk bisa dikenal atau ditemani, dan itu melelahkan dalam kerpura-puraan. Be yourself, so you will know who is the truly one and the fake one.
  7. It will be forever. Sedekat-dekatnya kita sama seseorang, ada saatnya kehidupan berubah, saat kita masing-masing mengerjar mimpi, maka jarak dan waktu akan memisahkan. But, family is always be family, selama apapun tidak saling kontak, sejauh apapun jarak yang memisahkan, at the time saat ketemu, itu semua bukan masalah, gak akan menjadikan kita kagok bahkan pura-pura ga kenal. Saat pertemuan itu berlangsung, dengan lancar kata-kata meluncur dari bibir yang seakan-akan tau bahwa sudah lama dia tak berkata-kata , semuanya akan melumer dengan kehangatan dan chemistry yang sudah terbentuk.

Unbiological family doesn’t meant always a human, I have another unbiological family, they are my pet. Karena hewan selalu tulus mencintaimu apadanya, selalu menghiburmu dalam keadaan apapun, and they don’t care if you are a rich people or you not, yang mereka tahu, kalianlah hal terbaik dalam hidup mereka. So, jangan jadikan hewan peliharan kalian hanya sebagi hewan peliharan, jadikan mereka member of your family, karena cinta tidak memandang siapa dirimu dan apa yang kamu miliki.

Sekarang, aku dikelilingi dengan my unbiological family, and of course mereka semua memiliki criteria diatas, I can be myself, they always support my dream, they give me so many advise, and they always help me, be there for me. How lucky I am. I hope you will find your unbiological family out there. Ah…. Aku jadi ingat quote dalam animasi Stich , “Ohana”, Ohana means family, family means nobody gets left behind or forgotten. You are my Ohana………

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: