Jika aku dilahirkan kembali menjadi hewan? Aku akan menjadi……

Aloha to you……….

Sedikit berbagi pengalamanku, jadi waktu itu, dalam suatu pertemuan, untuk mengawali perkenalan singkat seorang fasilitator menanyakan pertanyaan, jika anda dilahirkan kembali menjadi hewan, anda akan menjadi hewan apa? Dan kenapa ? , kepada seluruh peserta yang ada diruangan. Setiap orang harus menjawab dengan menyebutkan nama terlebuh dahulu, kemudian menjawab pertanyaan tersebut disertai alasanya. Setiap orang berfikir keras ingin menjadi hewan apa, dan memikirkan alasan kenapa dia memilih hewan itu. Waktu yang diberikan tidak cukup lama, maka masing-masing peserta mendapat kesempatan untuk membagi jawabnnya beserta alasannya. Seorang bapak mengatakan jika dia dilahirkan kembali, dia ingin menjadi hewan anjing, karena anjing itu setia, hmmm aku setuju dengan bapak tersebut, seperti yang kita tau anjing memang binatang yang setia dengan tuannya dalam keadaan apapun. Seorang ibu menjawab, jika ia dilahirkan kembali menjadi hewan, ia akan menjadi semut, alasannya karena semut pekerja keras, saling menolong, dan berkerja dalam tim yang solid, aku juga setuju dengan si ibu, karena semut selalu berkerja didalam kelompoknya dan selalu berkerja keras, sifat semut ini sering juga diceritakan dalam cerita anak-anak untuk menasehati anak-anak agar giat bekerja dan juga salaing menolong. Satu demi satu setiap peserta menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh fasilitator, namun ada juga beberapa peserta yang menjawab sama dan dengan alasan yang sama dengan peserta lain, mungkin mereka malas untuk berfikir.

Tibalah giliran sang fasilitator , beliau menebutkan “Orang Utan”. Ya, jika dilahirkan kembali menjadi hewan, beliau ingin menjadi Orang Utan. saat itu aku tersadar, kenapa ini tak terpikirkan olehku, Orang Utan, hewan endemik Indonesia dan hanya ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan tempat tinggalku.

Orang Utan berperan penting dalam pelestarian hutan, Orang utan menjadi penyebar bibit di dalam hutan,karena Orang Utan itu hidupnya Arboreal ( satwa yang hidup dan berativitas di atas pohon). Ketika mereka memakan buah-buahan maka tanpa disengaja mereka membuang bijinya di area hutan  ketika mereka sedang berayun dari satu pohon ke pohon lainnya. Biji yang dibuang oleh Orang utan tersebut akan menjadi tunas baru dan akhirnya menjadi generasi penerus pohon-pohon di dalam hutan. Bayangkan kalau Orang Utan gak ada, bisa-bisa pohon dan tumbuhan yang tubuh hanya sedikit , apalagi hutan Kalimantan adalah salah satu hutan yang menjadi paru-paru dunia . Keberadaan Orang utan perlu dilestarikan, mengingat Orang Utan hanya bisa melahirkan 1 anak dalam kurun waktu 6-10 tahun. Ingin tahu lebih banyak bahkan membantu berdonasi untuk Orang Utan, kunjungi http://www.orangutan.or.id 🙂 orangutan-01

Semua hewan memiliki fungsinya masing-masing di dunia ini dan dalam rantai makanan, jika salah satu punah maka tidak seimbanglah rantai makanan.

Pertanyaan ini sebenarnya untuk membuat kita berfikir bahwa fungsi hewan dalam kehidupan kita juga perlu diperhatikan, hewan darat maupun hewan air, semuanya memiliki peran masing-masing dalam keberlangsungan dunia. Jawaban-jawaban dari pertanyaan ini juga untuk membuat orang lain tahu tentang hewan dan fungsinya atau filosofinya sebagai manusia yang memiliki pemikiran, tidak seharusnya kita egois, pikirkan juga untuk generasi mendatang, Dalai Lama mengatakan “ Bumi bisa mencukupi kebutuhannya tapi tidak untuk keserakahan manusia. Pertanyaan ini biasanya digunakan pada awal kegiatan dengan maksud perkenalan, diawali dengan menyebutkan nama setelah itu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Nah, bagaimana dengan kamu?

Jika diilahirkan kembali menjadi hewan, ingin menjadi hewan apakah kamu? Dan kenapa?

-P-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: